Monday, September 13, 2010

Orang yang Terbuka

Inspired when I watched "Yes Man!" and my activities recently with Stars to Sentul :)

Keterbukaan diri dalam suatu hal itu bisa merupakan suatu hal yang menyenangkan untuk dijadikan suatu kebiasaan dalam diri kita..

Di saat kita mencoba menjadi orang yang terbuka dalam segala hal, banyak kejutan yang tak pernah kita duga bakal terjadi, baik itu bagi diri kita, juga bagi orang lain secara tidak kita sadari..

Apa yang dimaksud dengan terbuka?
terbuka itu yah.. ngga tertutup *ya iya lah yahh!!*, maksudnya mau membuka diri terhadap lingkungan sekitarnya, membagikan cerita yang dimiliki dalam kehidupannya kepada orang lain, dan juga mau menerima pendapat orang lain di saat terjadi konflik..

Kadang, tanpa kita sadari, di saat kita mencoba terbuka kepada orang lain, banyak kejutan yang hadir di hadapan kita, yang bisa menjadi solusi dari permasalahan kita, ataupun berupa pendorong semangat kita untuk menjadi lebih baik lagi :)

Kemaren ini gw baru nonton film "Yes Man!" berkat rekomendasi dari teman *sorry ye, aga kurang apdet ama pilem2 dulunya :P sekarang juga masih kurang sih hahaha*.. Pas gw nonton film ini, ada satu pelajaran yang gw dapet dan menurut gw mayan penting buat masing2 dari kita dalam sehari2..

Sedikit spoiler *ah pada dah nonton juga sih kayaqnya*, ceritanya tentang seorang pria yang lagi down ma kehidupannya gara2 patah hati, yang bikin dy menutup diri terhadap semua ajakan orang2 sekitarnya.. Kalo nonton intro nya, bisa dibilang ne orang super madesu (masa depan suram!) to the mentok lah.. Sampe akhirnya, dy ketemu ama temen lamanya yang keliatan super alive, bener2 kebalikan dari kondisi dy saat itu, trus ngajakin dy ikut satu seminar yang memotivasi orang buat ngomong "YES" dalam hidup.. Nah, setelah dy ikut tuh seminar, dan dy juga mencoba menjalaninya, hidupnya berubah total! Banyak kejutan2 yang terjadi dalam hidupnya yang sama sekali dy ngga duga2..

Buat yang belom nonton, coba nonton deh, highly recommended and inspirational movie!

Gimana caranya supaya bisa jadi orang yang terbuka?
Nah, di atas gw bold beberapa kata, dan itu menurut gw kata2 kunci untuk menjadi orang yang terbuka.. Dare to try something new and unusual for ourselves, then spread the experiences to others, beranikan diri untuk mencoba sesuatu yang baru dan yang ga biasa buat diri kita, trus kita ceritain pengalaman kita ke orang lain..

Kita ga bakal tau apa yang bakal terjadi, tapi yang pasti hal baru itu akan menjadi pengalaman yang ga terlupakan buat kita, yang mungkin bisa membuat kita 'menyelamatkan' orang yang ada di sekitar kita nantinya..

Next thing, TRUST.. Biasanya kita susah membuka diri terhadap seseorang, karena kita belom percaya sepenuhnya ma mereka.. Bisa aja ga pecaya kalo nie orang bisa membantu kita, atw mungkin juga menjaga "rahasia" kita saat kita membuka diri ke mereka.. Sekalinya kita percaya ma orang itu, pasti gampang deh buat kita membuka diri dan cerita2 tentang diri kita..

Last but the most important, Keep a positive mind! Kenapa gw bilang ini penting? Kalo kita ngga berpikir positif, susah deh buat membuka diri kita.. Belum apa2 aja dah mikir, "ah nanti dy pasti bakal cerita ke si ini nih, kan dy tukang gosip", "males ah, kepo bener nie orang pengen tau, mank sape elo?", "ah ntar dy lapor ke bonyok/pacar gw, bisa repot deh"... Hadeh2, buang jauh2 lah itu pemikiran kyq gitu.. Think this way, kenapa ada orang yang mau bertanya tentang lo? cuz they CARE! ngapaen repot2 mo kepo doank cari tau tentang lo, kalo mreka ngga care?

Yah mungkin emank ada segelintir yang mo kepo buat cari bahan obrolan a.k.a gosip2, tapi kalo lo ngga buka diri dan jelasin ke orang itu langsung, bukannya tuh gosip bisa makin buruk? mending langsung lurusin toh, biar jelas n ga miring2 berita nya..

Apa sih untungnya jadi orang terbuka??
BANYAK!! dan ini semua gw rasain sendiri juga.. Here are some points yang menurut gw benefit menjadi orang terbuka..

+ Mempermudah mencari solusi dari suatu masalah
Seringkali kita suka mentok pas lagi menghadapi suatu masalah, dan kita sendiri uda bener2 buteq parah, ga tau lagi mesti gimana.. Kalo semua itu kita pendam sendiri, ya uda, buteq aja sampe lo jadi gila, tuh masalah tetep ga kelar2.. Tapi, kalo kita coba cerita ke orang2 sekitar kita, ada kemungkinan dimana teman2 kita itu bisa memberikan solusi, atau malah bantuan supaya kita bisa lebih mudah menyelesaikan masalah kita.. We'll never know if we don't ask for it :)

+ Banyak "kejutan" dan bikin hidup lebih berwarna
Kejutan yang gw maksud disini, lo ga bakal pernah tau apa yang bakal terjadi nantinya.. Contoh sederhana, kita belajar bahasa Inggris aja deh.. Kita uda fasih dan lancar ngomong English, trus kita ga tau nie, suatu hari ketemu ma bule nyasar.. Nah, kita memberanikan diri menawarkan bantuan ke dy, trus ternyata dy lagi mau cari tempat makan, trus dy ajakin lo ikut dy pegi makan, mayan toh ditraktir, trus kita juga bisa dengerin cerita dy juga.. Udah kenyang, nambah pengetahuan pula, kurang asik apa lagi itu..

+ Dapat banyak inspirasi dari orang2 sekitar
Di saat kita belajar mendengarkan orang lain, kita bisa mendapatkan banyak inspirasi yang ga pernah kita duga juga.. Ngomong2 soal inspirasi, nie gw pengen bagi satu link note FB dari temen gw Janet, tentang inspirasi, yang menurut gw mesti kita baca buat lebih mudah membuka diri kita terhadap lingkungan kita *thanks Jhe for the tag :)*.. Kalo ga bisa buka link nya, lemme know, ntar gw ijin minta posting ke blog gw :D

Kita ga bakal pernah tau, seberapa besar orang di sekitar kita bisa memberikan inspirasi besar buat kita dalam kehidupan kita.. Dan kita sendiri juga bisa menjadi inspirasi buat orang lain di saat kita membuka diri kita dengan bercerita jujur tentang diri kita :)

Haruskah selalu terbuka dalam segala hal??
Tidak, ada beberapa hal yang mungkin ga perlu diceritain juga.. Kalo kata Mario, supaya ada sisi misterius juga dari diri kita, yang bikin orang pengen tau lebih lagi tentang kita :D Kalo kita dah buka semua, dah ga rame hahaha..

Ada satu tips kalo kita memang ga mo ceritain ke orang.. Senyum aja ke orangnya, trus tanya 'mank knapa mo tau?'.. Kalo dy bilang, ya cuman pengen tau aja, kita tinggal jawab, sorry, belom waktunya sob.. mungkin ntaran kali yee.. sabar deh :D

-----
Lemme share something here..

Pas liburan lebaran ini, gw menghabiskan waktu dengan pergi trip rame2 bareng temen2 dari Starlight ke Sentul, menginap 4hari 3malam di vila Merrick *thanks for the place for staying overnite :)*.. Cerita dipersingkat, selama disana, gw banyak cerita ma mereka, dan juga sebaliknya..

What do i get? Gw jadi lebih banyak tau tentang mereka, walo itu cuman 4hari yang singkat.. Gw juga banyak mendapat inspirasi dari masing2 yang cerita ke gw, and I'm blessed with that moment, walopun jadinya gw cuman tidur 8jam selama 4hari disana, but that was a lot of fun! Thanks for the moments guys :D
-----

As closing, yah sekarang terserah kita masing2.. Kalo menurut gw, ga ada salahnya mencoba menjadi orang terbuka, you'll see a lot of surprises in your life, and you'll also learn a lot from all of those stuffs that you are facing..

Ga perlu langsung blak2an, pelan2 aja, ntar juga bakal jadi kebiasaan yang positif :)

Be Open-minded, and learn lotsa stuffs out there :D Life is about learning and process, so don't stop learning from others :)

*cheers

0 comments:

Post a Comment

What's your thoughts? Share with me :)